PUNGPUNGAN: Upaya Tanggap Bencana, Evakuasi Batang Pohon di Sungai Desa Pungpungan

Pungpungan | 26 Januari 2024 12:18:29 | Berita Desa | 34 Kali

Pungpungan- upaya penanggulangan banjir akibat potensi penyumbatan aliran air di sungai, pemdes Pungpungan tengah gencar melakukan evakuasi sungai. Langkah tersebut diambil mengingat seringnya hujan lebat yang dapat menyebabkan meluapnya air dan berpotensi menimbulkan banjir.

Kepala Desa Pungpungan Slamet Hari Hadi, bersama dengan beberapa warga sekitar turun langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi batang pohon yang berada di sungai. Evakuasi tersebut menjadi bagian dari upaya preventif demi menghindari terjadinya banjir yang dapat mengancam keselamatan warga.

"Kami melakukan evakuasi ini sebagai langkah awal untuk mencegah dampak yang lebih besar akibat hujan lebat yang sering terjadi belakangan ini. Batang pohon yang berada di sungai memiliki potensi untuk menyumbat aliran air, dan jika tidak segera ditangani, bisa menyebabkan banjir," ujar Pak Slamet Hari Hadi.

Proses evakuasi dilakukan secara gotong-royong oleh kepala desa dan sejumlah warga yang dengan sigap bergabung. Mereka menggunakan peralatan sederhana namun efektif untuk memindahkan batang pohon dari aliran sungai. Keterlibatan aktif masyarakat setempat menjadi bukti solidaritas dan kepedulian dalam menghadapi potensi bencana alam.

Selain evakuasi, Kepala Desa Pungpungan juga mengimbau warganya untuk tetap waspada terhadap potensi banjir dan melaporkan secara cepat jika ada kondisi yang mengkhawatirkan. Langkah-langkah preventif ini diharapkan dapat meningkatkan ketangguhan desa menghadapi musim hujan yang intens.

Masyarakat Desa Pungpungan diharapkan dapat bersatu padu dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama. Evakuasi batang pohon ini menjadi contoh nyata bahwa kolaborasi antara pemerintah desa dan warganya dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh menghadapi potensi bencana alam.

 

https://www.facebook.com/pungpungan.berbenah.12
https://www.instagram.com/pungpunganberbenah0820/
https://www.tiktok.com/@pungpunganberbenah/video/7328392908812438789
#evakuasi_batang_pohon
#upaya_antisipasi_banjir
#Pungpungan
#Pungpungan_Berbenah
#Kalitidu
#Bojonegoro
#Jawa_Timur

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Masjid II Nomor 425 Pungpungan
Desa : Pungpungan
Kecamatan : Kalitidu
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62152
Telepon :
Email : pemdespungpungan.kalitidu@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung