Kenali 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2023

Pungpungan | 29 Januari 2024 11:06:37 | Berita Desa | 87 Kali

Pungpungan (29 Januari 2024), tidak lama lag masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Desa Pungpungan akan kembali melaksanakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 2024. Untuk memastikan partisipasi yang lancar dan transparan, pengenalan terhadap jenis surat suara yang digunakan perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasan mengenai 5 jenis surat suara yang akan digunakan beserta warna penandanya:

  1. Surat Suara untuk Presiden dan Wakil Presiden (Abu-abu): Warga negara akan menggunakan surat suara berwarna abu-abu untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. Warna ini menjadi penanda khusus untuk pemilihan kepala negara.

  2. Surat Suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (Merah): Surat suara berwarna merah akan menjadi pilihan saat pemilih memilih calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Perhatikan tanda merah untuk memastikan suara Anda tepat sasaran.

  3. Surat Suara untuk DPR RI (Kuning): Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan ditandai dengan surat suara berwarna kuning. Pastikan untuk menggunakan surat suara yang sesuai untuk memilih wakil rakyat di tingkat nasional.

  4. Surat Suara untuk DPRD Provinsi (Biru): Warna biru akan menjadi penanda pada surat suara untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi. Pilih calon yang dianggap mewakili aspirasi provinsi Anda.

  5. Surat Suara untuk DPRD Kabupaten/Kota (Hijau): Pada tingkat kabupaten/kota, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan terdapat pada surat suara berwarna hijau. Pastikan Anda menggunakan surat suara yang benar saat menentukan perwakilan daerah Anda.

Dengan mengenali warna penanda pada setiap jenis surat suara, diharapkan masyarakat dapat melakukan pemilihan dengan lebih mudah dan akurat. Pastikan untuk memberikan suara Anda sesuai dengan pilihan hati nurani dan pemahaman yang matang terhadap calon yang bersaing. Pemilu adalah momen penting bagi demokrasi, dan setiap suara memiliki peran besar dalam menentukan arah bangsa ke depan.


https://www.facebook.com/pungpungan.berbenah.12
https://www.instagram.com/pungpunganberbenah0820/
#Pemilu_2024
#Kenali_5warna_surat_Suara
#Pungpungan
#Pungpungan_Berbenah
#Kalitidu
#Bojonegoro
#Jawa_Timur

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Masjid II Nomor 425 Pungpungan
Desa : Pungpungan
Kecamatan : Kalitidu
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62152
Telepon :
Email : pemdespungpungan.kalitidu@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung