Musdes Sosialisasi Pembangunan Infrastruktur Jaringan HIPPAM Desa Pungpungan

Pungpungan | 29 Juni 2022 14:03:13 | Berita Desa | 128 Kali

Pungpungan – bertempat di Balaidesa Pungpungan dilakukan Musyawarah Desa (Musdes) dari Exxon Mobil Cepu limited (EMCL) bersama Alas Insitute Bojonegoro. Musdes berisi tentang “Sosialisasi Program Aksi Kemitraan Untuk Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) Pembangunan Infrastruktur Jaringan HIPPAM Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Rabu (29/6/2022).

Acara tersebut dihadiri Kepala Desa Pungpungan Slamet Hari Hadi, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT/RW, Tokoh Agama, Unsur Pemuda, Tokoh Wanita, Tokoh Masyarakat, Lembaga Kemasyarakan Desa (LKD), Bhabinkamtibmas Desa Pungpungan, Tim Exxon Mobile Cepu Limited, dan Alas Institud Bojonegoro.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Pungpungan Slamet Hari Hadi. Dalam Sambutanyya Kepala Desa Pungpungan tersebut menjelaskan bahwa program tersebut adalah untuk membangun jaringan HIPPAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah RT. 30 dan RT. 31 Mojodelik Dusun Bilo Desa Pungpungan.

Beberapa hari sebelumnya telah dilakukan survey lokasi oleh tim dari Exxon Mobile dan Alas Institud di dampingi Pemdes Pungpungan bahwa jarak dari sumber air hippam sampai ke wilayah mojodelik adalah sepanjang 1,9 kilometer, sedangkan berdasarkan hasil survey dengan jumlah bantuan senilai 170 juta akan bisa digunakan untuk membangun jaringan HIPPAM sepanjang 1,4 km. Kurang lebih butuh 5 km lagi untuk dapat mencapai wilayah Mojodelik.

Dengan kondisi tersebut Kepala Desa menyampaikan bahwa saat ini Pemdes mengajukan pembangunan jaringan HIPPAM ke Pemkab melalui Dinas PU Cipta Karya. Yang dengan hal tersebut diharapkan bisa digunakan untuk membangun jaringan HIPPPAM, yaitu meneruskan agar sampai ke wilayah Mojodelik.

“Pemdes Pungpungan selalu berupaya untuk mengatasi masalah yang ada di wilayah mojodelik. Untuk diketahui bahwa di wilayah mojodelik sumber air yang ada, yaitu dari sumur-sumur warga air yang keluar terasa asin, sehingga Pemdes Pungpungan berusaha untuk mengatasi masalah tersebut. Diharapkan dengan adanya program ini masalah ketersediaan air di wilayah mojodelik dapat teratasi” jelas Slamet Hari Hadi selaku Kepala Desa Pungpungan.

Kepala Desa Pungpungan juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Exxon Mobile Cepu Limited dan Tim Alas Institud yang telah bersedia membantu membangun jaringan HIPPPAM di Desa Pungpungan.

Sambutan kedua disampaikan oleh Penanggung jawab Program dari Exxon Mobile Cepu Limited, Slamet Riyadi. Beliau menjelaskan bahwa asal usul program ini adalah dari Ibu Bupati melalui Bappeda untuk membantu mengatasi masalah-masalah di sekitar sumber minyak Exxon Mobile. Ibu Bupati melalui Bappeda meminta kepada Exxon Mobile Cepu Limited untuk men-support program pengadaan air bersih di wilayah Bojonegoro termasuk di Desa Pungpungan.

Slamet Riyadi, penanggung jawab program menyampaikan pula bahwa mewakili Exxon Mobile mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Bojonegoro yang telah men-support keberadaan Exxon Mobile di wilayah Bojonegoro sehingga Exxon Mobile dapat memenuhi 30% kebutuhan minyak negara.

Sambutan selanjutnya disampaikan Erick Maulana dari Alas Institute selaku pendamping program tersebut. Dalam sambutanya Erick menjelasakan bahwa Alas Institud bertugas untuk mendampingi pelaksanaan program dari Exxon Mobile tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pembentukan Timlak Kegiatan Pembangunan Jaringan HIPPAM tersebut yang di-ketuai Kepala Dusun Pungungan H. Juwarto.  

sementara itu Manager Alas Insitute Bojonegoro juga menyampaikan, setelah dilakukan sosialisasi tahapan selanjutnya akan dilakukan pelatihan secara teknis, dimana ada 4 desa yang nantinya akan berkumpul di balai Desa Katur Kecamatan Gayam.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Masjid II Nomor 425 Pungpungan
Desa : Pungpungan
Kecamatan : Kalitidu
Kabupaten : Bojonegoro
Kodepos : 62152
Telepon :
Email : pemdespungpungan.kalitidu@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung